PROJECT CHARACTER BUILDING - PANCASILA - 2
Pembelajaran di Paud Pelangi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)
KELOMPOK : 8
LOKASI KEGIATAN : PALMERAH BARAT I
LOKASI KEGIATAN : PALMERAH BARAT I
WAKTU KEGIATAN : RABU, 11 OKTOBER 2017
KELAS : LD01
DOSEN : YEREMIAS JENA, M.Hum
JURUSAN : TEKNIK INFORMATIKA
ANGGOTA :
NIM
|
NAMA
|
JABATAN
|
2101691676
|
HANDI PUTRA TJIOE
|
KETUA
|
2101685502
|
AHMAD BAIHAQI S.
|
ANGGOTA 1
|
2101692086
|
MUHAMMAD JUNIANDIKA
|
ANGGOTA 2
|
2101700352
|
ALBERTUS EKO SURYO S.
|
ANGGOTA 3
|
2101711375
|
ARSATI ICHWAN RAMADHAN
|
ANGGOTA 4
|
2101688763
|
HENRICO ALVIN
|
ANGGOTA 5
|
2101695314
|
NICODEMUS SUBRATA
|
ANGGOTA 6
|
2101700131
|
MUHAMMAD ABANAUFAL O.
|
ANGGOTA 7
|
LATAR BELAKANG
Pendidikan dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah suatu pembelajaran, pengetahuan, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki Nilai keagamaan, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan pada dirinya. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan.
Salah satu faktor rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah karena lemahnya para guru dalam menggali potensi anak. Para pendidik memaksakan kehendaknya tanpa pernah memperhatikan kebutuhan, minat dan bakat yang dimiliki siswanya. Kelemahan para pendidik kita, mereka tidak pernah menggali masalah dan potensi para siswa. Pendidikan seharusnya memperhatikan kebutuhan anak bukan malah memaksakan sesuatu yang membuat anak kurang nyaman dalam menuntut ilmu. Proses pendidikan yang baik adalah dengan memberikan kesempatan pada anak untuk kreatif. Itu harus dilakukan sebab pada dasarnya gaya berfikir anak tidak bisa diarahkan.
Sebagai bentuk rasa peduli dan kesadaran kami, maka kami mengadakan suatu kegiatan yang diharapkan dapat berguna untuk masyarakat, yaitu kegiatan mengajar, untuk sekarang, kami mengadakan kegiatan mengajar dibawah umur 1-6 tahun, nama paud tersebut adalah “PAUD PELANGI”, Terutama untuk melatih softkill adik-adik mulai dari mewarnai gambar, menebalkan huruf dan angka, menebak gambar, dan lainnya. Walaupun yang dilakukan kami ini merupakan hal yang tergolong sederhan, namun kami berharap apa yang kami lakukan ini dapat berguna untuk sesama.kami memilih “PAUD PELANGI” sebagai projek kami untuk membantu mengajar dikarenakan mereka membutuhkan pengajar lebih untuk adik-adik paud.
PEMBAGIAN HARI
NO
|
TUGAS NGAJAR SENIN
|
TUGAS NGAJAR RABU
|
NAMA ANGGOTA
|
NAMA ANGGOTA
| |
1
|
Handi Putra Tjioe
|
Ahmad Baihaqi S.
|
2
|
Henrico Alvin
|
Albertus Eko Suryo S.
|
3
|
Muhammad Abanaufal O.
|
Arsati Ichwan Ramadhan
|
4
|
Muhammad Juniandika
|
Nicodemus Subrata
|
SUSUNAN KEGIATAN
NO
|
WAKTU
|
NAMA KEGIATAN
|
1
|
07.00 – 07.20
|
Perjalanan menuju PAUD PELANGI
|
2
|
07.20 – 08.00
|
Mempersiapkan meja, kursi, serta breafing
|
3
|
08.00 – 08.20
|
Kelas A – Pembukaan kegiatan dan pengenalan anggota “Dimulai dengan membaca doa”.
|
4
|
08.20 – 09.00
|
Materi Pembelajaran untuk kelas A
(Mengenal Jenis Sayur-sayuran/buah-buahan/Bunga), (Mengenal Angka, Warna, Huruf).
|
5
|
09.00 – 09.10
|
Istirahat Kelas A
|
6
|
09.10 – 09.25
|
Masuk kembali ke kelas, mereview kembali apa yang telah dibahas sebelumnya
|
7
|
09.15 – 09.30
|
Persiapan pulang ditutupi dengan doa.
|
8
|
09.30 – 09.50
|
Kelas B – Pembukaan kegiatan dan pengenalan anggota “Dimulai dengan membaca doa”.
|
9
|
09.50 – 10.30
|
Materi Pembelajaran untuk kelas B
(Mengenal Jenis Sayur-sayuran/buah-buahan/Bunga), (Mengenal Angka, Warna, Huruf).
|
10
|
10.30 – 10.40
|
Istirahat Kelas B
|
11
|
10.40 – 10.50
|
Masuk kembali ke kelas, mereview kembali apa yang telah dibahas sebelumnya
|
12
|
10.50 – 11.00
|
Persiapan pulang ditutupi dengan doa.
|
PERTEMUAN KEDUA
Pada hari rabu, tanggal 11 Oktober 2017, Ini merupakan pertemuan kedua dari kelompok kami di Paud Pelangi. Kondisi cuaca juga bagus dan cerah, Sebelum Itu, dipertemuan pertama telah menyampaikan materi mengenai sayur-sayuran, materi tersebut akan dilanjutkan dipertemuan kedua. dimana kami didampingi oleh Ibu Sri Sulaningsih sebagai Ketua Paud, Ibu Nurlela dan juga Ibu Ina.
Pendampingan Belajar Bisa kita lihat pada gambar dibawah ini...
Tugas Ngajar Dihari Rabu
"Ahmad Baihaqi S. , Albertus Eko Suryo S. , Arsati Ichwan Ramadhan, dan Nicodemos Subrata"
๐ Sebelum Memulai kegiatan ada baiknya kita Berdoa ๐
๐ Dipertemuan kedua ini, mengenal makan sehat ๐
๐ Mengenal Makanan pokok, Lauk Pauk, Sayur Mayur dan Buah-buahan. ๐
๐ Membuat Bentuk - bentuk Sayuran dari plastisin ๐
MATERI KEDUA
1. Mengenal Jenis Sayur-sayuran, Warna Sayuran, Bentuk Sayuran, Menebak Sayuran dengan gambar, Cara mengeja nama sayuran, membawa sayuran.
2. Membawa
plastisin membentuk sayur-sayuran (Tomat, Brokoli), Menggambar sayuran serta mewarnai.
3. Mengenal Makanan Sehat.
3. Mengenal Makanan Sehat.
Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, makanan sehat adalah makanan yang mengandung 4 sumber nutrisi yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu.
KOMENTAR
Ahmad Baihaqi : Mengajar anak kecil untuk pertama kalinya tidak lah begitu buruk karena saya sering dilingkungan anak kecil.
Albertus Eko Suryo : kami mengenal lebih dekat murid-murid dan Guru yang ada disana.. Selain itu, ternyata mengajar PAUD tidak sesusah yang di pikirkan.. Melainkan lebih seru dan menyenangkan untuk bisa belajar sambil bermain bersama.. Walaupun agak gugup berkenalan dengan mereka, pada akhirnya kami bisa akrab dan mengenal mereka.
Arsati Ichwan Ramadhan : awal pertemuan yang mungkin agak canggung dikarena kan baru pertama kalinya mengajari anak-anak kecil.
Nicodemus Subrata : kami datang dengan tujuan untuk mengajar. kami diberitahukan materi yang akan kami ajarkan ke anak-anak paud pelangi yaitu tentang makanan. disana kami mengajarkan warna, bentuk dan kegunaan sayur-sayuran. Setelah itu kami makan bersama dengan anak-anak paud, guru, dan orang tua. walaupun saya sedikit lelah mengajar, tetapi saya senang mengajar disini pada hari pertama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar