PROJECT CHARACTER BUILDING - PANCASILA - 5
Pembelajaran di Paud Pelangi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)
KELOMPOK : 8
LOKASI KEGIATAN : PALMERAH BARAT I
LOKASI KEGIATAN : PALMERAH BARAT I
WAKTU KEGIATAN : SENIN, 30 OKTOBER 2017
KELAS : LD01
DOSEN : YEREMIAS JENA, M.Hum
JURUSAN : TEKNIK INFORMATIKA
ANGGOTA :
NIM
|
NAMA
|
JABATAN
|
2101691676
|
HANDI PUTRA TJIOE
|
KETUA
|
2101685502
|
AHMAD BAIHAQI S.
|
ANGGOTA 1
|
2101692086
|
MUHAMMAD JUNIANDIKA
|
ANGGOTA 2
|
2101700352
|
ALBERTUS EKO SURYO S.
|
ANGGOTA 3
|
2101711375
|
ARSATI ICHWAN RAMADHAN
|
ANGGOTA 4
|
2101688763
|
HENRICO ALVIN
|
ANGGOTA 5
|
2101695314
|
NICODEMUS SUBRATA
|
ANGGOTA 6
|
2101700131
|
MUHAMMAD ABANAUFAL O.
|
ANGGOTA 7
|
LATAR BELAKANG
Pendidikan dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah suatu pembelajaran, pengetahuan, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki Nilai keagamaan, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan pada dirinya. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan.
Salah satu faktor rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah karena lemahnya para guru dalam menggali potensi anak. Para pendidik memaksakan kehendaknya tanpa pernah memperhatikan kebutuhan, minat dan bakat yang dimiliki siswanya. Kelemahan para pendidik kita, mereka tidak pernah menggali masalah dan potensi para siswa. Pendidikan seharusnya memperhatikan kebutuhan anak bukan malah memaksakan sesuatu yang membuat anak kurang nyaman dalam menuntut ilmu. Proses pendidikan yang baik adalah dengan memberikan kesempatan pada anak untuk kreatif. Itu harus dilakukan sebab pada dasarnya gaya berfikir anak tidak bisa diarahkan.
Sebagai bentuk rasa peduli dan kesadaran kami, maka kami mengadakan suatu kegiatan yang diharapkan dapat berguna untuk masyarakat, yaitu kegiatan mengajar, untuk sekarang, kami mengadakan kegiatan mengajar dibawah umur 1-6 tahun, nama paud tersebut adalah “PAUD PELANGI”, Terutama untuk melatih softkill adik-adik mulai dari mewarnai gambar, menebalkan huruf dan angka, menebak gambar, dan lainnya. Walaupun yang dilakukan kami ini merupakan hal yang tergolong sederhan, namun kami berharap apa yang kami lakukan ini dapat berguna untuk sesama.kami memilih “PAUD PELANGI” sebagai projek kami untuk membantu mengajar dikarenakan mereka membutuhkan pengajar lebih untuk adik-adik paud.
PEMBAGIAN HARI
NO
|
TUGAS NGAJAR SENIN
|
TUGAS NGAJAR RABU
|
NAMA ANGGOTA
|
NAMA ANGGOTA
| |
1
|
Handi Putra Tjioe
|
Ahmad Baihaqi S.
|
2
|
Henrico Alvin
|
Albertus Eko Suryo S.
|
3
|
Muhammad Abanaufal O.
|
Arsati Ichwan Ramadhan
|
4
|
Muhammad Juniandika
|
Nicodemus Subrata
|
SUSUNAN KEGIATAN
NO
|
WAKTU
|
NAMA KEGIATAN
|
1
|
07.00 – 07.20
|
Perjalanan menuju PAUD PELANGI
|
2
|
07.20 – 08.00
|
Mempersiapkan meja, kursi, serta breafing
|
3
|
08.00 – 08.20
|
Kelas A – Pembukaan kegiatan dan pengenalan anggota “Dimulai dengan membaca doa”.
|
4
|
08.20 – 09.00
|
Materi Pembelajaran untuk kelas A
(Mengenal Jenis Sayur-sayuran/buah-buahan/Bunga), (Mengenal Angka, Warna, Huruf).
|
5
|
09.00 – 09.10
|
Istirahat Kelas A
|
6
|
09.10 – 09.25
|
Masuk kembali ke kelas, mereview kembali apa yang telah dibahas sebelumnya
|
7
|
09.15 – 09.30
|
Persiapan pulang ditutupi dengan doa.
|
8
|
09.30 – 09.50
|
Kelas B – Pembukaan kegiatan dan pengenalan anggota “Dimulai dengan membaca doa”.
|
9
|
09.50 – 10.30
|
Materi Pembelajaran untuk kelas B
(Mengenal Jenis Sayur-sayuran/buah-buahan/Bunga), (Mengenal Angka, Warna, Huruf).
|
10
|
10.30 – 10.40
|
Istirahat Kelas B
|
11
|
10.40 – 10.50
|
Masuk kembali ke kelas, mereview kembali apa yang telah dibahas sebelumnya
|
12
|
10.50 – 11.00
|
Persiapan pulang ditutupi dengan doa.
|
PERTEMUAN KELIMA
Pada hari senin, tanggal 30 Oktober 2017, Ini merupakan pertemuan kelima dari kelompok kami di Paud Pelangi. dan ini merupakan pertemuan terakhir kami di Paud Pelangi, dari pertemuan pertama, kedua, ketiga , dan keempat bersama dengan adik-adik belajar dan bermain. pada hari ini, kami semua berkumpul dan pendampingan terakhir.
Kami sangat Berterima kasih kepada Ibu Sri Sulaningsih sebagai Ketua Paud, Ibu Nurlela dan juga Ibu Ina karena telah mendampingi kami dari awal pertemuan hingga akhir pertemuan tanpa bantuan dari ibu proses belajar mengajar tidak akan berjalan lancar.
Nicodemus Subrata : pertemuan terakhir bagi kami satu kelompok. di pertemuan ketiga ini saya dan teman-teman saya memberikan sesuatu untuk paud agar menjadi bukti bahwa kami benar-benar mengajar disana. Saya merasa sedikit sedih karena tidak akan mengajar lagi. Walaupun begitu saya harus tetap maju walau berpisah dengan anak-anak paud.
π Sebelum Memulai kegiatan ada baiknya kita Berdoa π
π Mari Berhitung π
π Mari Mewarnai Bentuk Bunga π
π Mari Menebalkan Huruf pada nama bunga π
π Bermain sambil bernyanyi (Menebak Bunga) π
Kami sangat Berterima kasih kepada Ibu Sri Sulaningsih sebagai Ketua Paud, Ibu Nurlela dan juga Ibu Ina karena telah mendampingi kami dari awal pertemuan hingga akhir pertemuan tanpa bantuan dari ibu proses belajar mengajar tidak akan berjalan lancar.
MATERI KELIMA
1. Mengenal Jenis Bunga, Warna, Bentuk pada Bunga, serta Menebak bunga dengan gambar dan Cara mengeja nama bunga.
2. Menghitung jumlah bunga, bermain dan bernyanyi.
KOMENTAR
Ahmad Baihaqi : selama saya mengajar saya menyadari bahwa mengajar anak kecil itu tidak semudah yang terlihat tidak hanya mereka yang belajar namun kita juga bisa belajar dari mereka.
Arsati Ichwan Ramadhan : pada pertemuan terakhir ini dimana adalah hari terakhir untuk mengajar dan saya merasa senang untuk mengajar disana.
Albertus Eko Suryo : kami semakin mengenal murid dan guru2nya, dan anak muridnya pun sudah mau mendengarkan dengan baik, dan saling berterimakasih atas kesempatan yang di beri karena bisa bersama sama untuk melaksanakan pembelajaran di PAUD Pelangi.. Semoga murid-murid PAUD Pelangi bisa semakin sukses ke depan dan dapat meraih cita-cita yang mereka inginkan.. Agak sepi dan sedih ketika perpisahan, tetapi kami tetap menghargai hubungan pertemanan kami dan mereka semua.
Handi Putra Tjioe : Hari ini adalah hari terakhir kami mengajar di PAUD. Tidak banyak yang saya ceritakan di blog hari terakhir karena kegiatan yang kami lakukan kurang lebih sama seperti hari-hari sebelumnya. dan sangat menyenangkan π.
Henrico Alvin : anak - anak sudah banyak yang dekat dengan saya dan saya sangat senang.
Muhammad Abanaufal : hari ini merupakan hari terakhir mengajar anak2 paud, di hari akhir ini, kami sempat berfoto-foto dengan anak-anak serta ibu guru paud, tentunya mengucapkan perpisahan kita. meskipun hari ini merupakan hari terakhir mengajar, saya merasa sudah mendapatkan banyak sekali pengalaman mengajar.
Muhammad Juniandika : dihari terakhir saya mendapatkan anak paud berebutan mainan, jadi saya belajar pula bagaimana cara mencari jalan yang terbaik bagi anak paud yang berebut mainan tersebut.
Nicodemus Subrata : pertemuan terakhir bagi kami satu kelompok. di pertemuan ketiga ini saya dan teman-teman saya memberikan sesuatu untuk paud agar menjadi bukti bahwa kami benar-benar mengajar disana. Saya merasa sedikit sedih karena tidak akan mengajar lagi. Walaupun begitu saya harus tetap maju walau berpisah dengan anak-anak paud.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar