PROJECT CHARACTER BUILDING - PANCASILA - 1
Pembelajaran di Paud Pelangi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)
KELOMPOK : 8
LOKASI KEGIATAN : PALMERAH BARAT I
LOKASI KEGIATAN : PALMERAH BARAT I
WAKTU KEGIATAN : SENIN, 09 OKTOBER 2017
KELAS : LD01
DOSEN : YEREMIAS JENA, M.Hum
JURUSAN : TEKNIK INFORMATIKA
ANGGOTA :
NIM
|
NAMA
|
JABATAN
|
2101691676
|
HANDI PUTRA TJIOE
|
KETUA
|
2101685502
|
AHMAD BAIHAQI S.
|
ANGGOTA 1
|
2101692086
|
MUHAMMAD JUNIANDIKA
|
ANGGOTA 2
|
2101700352
|
ALBERTUS EKO SURYO S.
|
ANGGOTA 3
|
2101711375
|
ARSATI ICHWAN RAMADHAN
|
ANGGOTA 4
|
2101688763
|
HENRICO ALVIN
|
ANGGOTA 5
|
2101695314
|
NICODEMUS SUBRATA
|
ANGGOTA 6
|
2101700131
|
MUHAMMAD ABANAUFAL O.
|
ANGGOTA 7
|
LATAR BELAKANG
Pendidikan dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah suatu pembelajaran, pengetahuan, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki Nilai keagamaan, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan pada dirinya. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan.
Salah satu faktor rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah karena lemahnya para guru dalam menggali potensi anak. Para pendidik memaksakan kehendaknya tanpa pernah memperhatikan kebutuhan, minat dan bakat yang dimiliki siswanya. Kelemahan para pendidik kita, mereka tidak pernah menggali masalah dan potensi para siswa. Pendidikan seharusnya memperhatikan kebutuhan anak bukan malah memaksakan sesuatu yang membuat anak kurang nyaman dalam menuntut ilmu. Proses pendidikan yang baik adalah dengan memberikan kesempatan pada anak untuk kreatif. Itu harus dilakukan sebab pada dasarnya gaya berfikir anak tidak bisa diarahkan.
Sebagai bentuk rasa peduli dan kesadaran kami, maka kami mengadakan suatu kegiatan yang diharapkan dapat berguna untuk masyarakat, yaitu kegiatan mengajar, untuk sekarang, kami mengadakan kegiatan mengajar dibawah umur 1-6 tahun, nama paud tersebut adalah “PAUD PELANGI”, Terutama untuk melatih softkill adik-adik mulai dari mewarnai gambar, menebalkan huruf dan angka, menebak gambar, dan lainnya. Walaupun yang dilakukan kami ini merupakan hal yang tergolong sederhan, namun kami berharap apa yang kami lakukan ini dapat berguna untuk sesama.kami memilih “PAUD PELANGI” sebagai projek kami untuk membantu mengajar dikarenakan mereka membutuhkan pengajar lebih untuk adik-adik paud.
PEMBAGIAN HARI
NO
|
TUGAS NGAJAR SENIN
|
TUGAS NGAJAR RABU
|
NAMA ANGGOTA
|
NAMA ANGGOTA
| |
1
|
Handi Putra Tjioe
|
Ahmad Baihaqi S.
|
2
|
Henrico Alvin
|
Albertus Eko Suryo S.
|
3
|
Muhammad Abanaufal O.
|
Arsati Ichwan Ramadhan
|
4
|
Muhammad Juniandika
|
Nicodemus Subrata
|
SUSUNAN KEGIATAN
NO
|
WAKTU
|
NAMA KEGIATAN
|
1
|
07.00 – 07.20
|
Perjalanan menuju PAUD PELANGI
|
2
|
07.20 – 08.00
|
Mempersiapkan meja, kursi, serta breafing
|
3
|
08.00 – 08.20
|
Kelas A – Pembukaan kegiatan dan pengenalan anggota “Dimulai dengan membaca doa”.
|
4
|
08.20 – 09.00
|
Materi Pembelajaran untuk kelas A
(Mengenal Jenis Sayur-sayuran/buah-buahan/Bunga), (Mengenal Angka, Warna, Huruf).
|
5
|
09.00 – 09.10
|
Istirahat Kelas A
|
6
|
09.10 – 09.25
|
Masuk kembali ke kelas, mereview kembali apa yang telah dibahas sebelumnya
|
7
|
09.15 – 09.30
|
Persiapan pulang ditutupi dengan doa.
|
8
|
09.30 – 09.50
|
Kelas B – Pembukaan kegiatan dan pengenalan anggota “Dimulai dengan membaca doa”.
|
9
|
09.50 – 10.30
|
Materi Pembelajaran untuk kelas B
(Mengenal Jenis Sayur-sayuran/buah-buahan/Bunga), (Mengenal Angka, Warna, Huruf).
|
10
|
10.30 – 10.40
|
Istirahat Kelas B
|
11
|
10.40 – 10.50
|
Masuk kembali ke kelas, mereview kembali apa yang telah dibahas sebelumnya
|
12
|
10.50 – 11.00
|
Persiapan pulang ditutupi dengan doa.
|
PERTEMUAN PERTAMA
Pada hari senin, tanggal 09 Oktober 2017. Ini merupakan pertemuan pertama dari kelompok kami di Paud Pelangi. Kondisi cuaca juga sangat bagus, lokasi tersebut juga tidak jauh dari binus university. Sebelum Itu, kami membentuk 2 kelompok mengajar, 2 kali dalam seminggu ada yang dihari dan rabu untuk mengajar. dengan posisi mengajar di Paud Pelangi adalah Handi Putra Tjioe sebagai ketua kelompok, Henrico Alvin, Muhammad Abanaufal O. , Muhammad Juniandika Sebagai Tugas Mengajar Dihari senin. dan juga Ahmad Baihaqi S. , Albertus Eko Suryo S. , Arsati Ichwan Ramadhan, dan Nicodemos Subrata Sebagai Tugas Mengajar Dihari rabu. dimana kami didampingi oleh Ibu Sri Sulaningsih sebagai Ketua Paud, Ibu Nurlela dan juga Ibu Ina.
Pendampingan Belajar Bisa kita lihat pada gambar dibawah ini...
Tugas Ngajar Dihari Senin
"Handi Putra Tjioe, Henrico Alvin, Muhammad Abanaufal O. , Muhammad Juniandika"
๐ Membantu adik-adik dalam mewarnai Sayur-sayuran ๐
๐ Mengeja Huruf Sayuran ๐
MATERI PERTAMA
1. Mengenal Jenis
Sayur-sayuran, Warna Sayuran, Bentuk sayuran, Menebak Sayuran dengan gambar, Cara mengeja nama sayuran, membawa sayuran.
2. Kolase, Mewarnai
dan menebalkan huruf pada nama sayuran.
3. Bermain dan bernyanyi.
VIDEO TAMBAHAN
KOMENTAR
Handi Putra Tjioe : dari pertemuan pertama, saya sedikit gugup, kurang percaya diri tetapi dengan didampingi oleh guru guru paud saya semakin percaya diri.
Henrico Alvin : Membuat saya lebih sabar menghadapi anak kecil.
Muhammad Abanaufal : pada pertemuan pertama di paud pelangi, dan juga merupakan pertama kalinya saya mengajar anak-anak PAUD. saya masih merasa kaku pada saat awal mengajar anak-anak, berbagai macam sifat anak-anaknya, ada yg pendiam, ada yg susah diatur, ada yg aktif, dan lain sebagainya. untungnya ada ibu guru paud yg dihari pertama kita mengajar diajari bagaimana cara mengajar yang benar dan baik.
Muhammad Juniandika : baru pertama kali ini saya mengajar anak paud, banyak pelajaran yang saya dapat tentang kehidupan belajar mengajar anak paud.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar