Sabtu, 16 Desember 2017

PROJECT CHARACTER BUILDING - PANCASILA - 3




Pembelajaran di Paud Pelangi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)





KELOMPOK   :    8


LOKASI KEGIATAN  :    PALMERAH BARAT I
                    
         WAKTU KEGIATAN   :    SENIN, 16 OKTOBER 2017


KELAS                       :    LD01

DOSEN                      :    YEREMIAS JENA, M.Hum


JURUSAN                  :   TEKNIK INFORMATIKA


ANGGOTA :

NIM
NAMA
JABATAN
2101691676
HANDI PUTRA TJIOE
KETUA
2101685502
AHMAD BAIHAQI S.
ANGGOTA 1
2101692086
MUHAMMAD JUNIANDIKA
ANGGOTA 2
2101700352
ALBERTUS EKO SURYO S.
ANGGOTA 3
2101711375
ARSATI ICHWAN RAMADHAN
ANGGOTA 4
2101688763
HENRICO ALVIN
ANGGOTA 5
2101695314
NICODEMUS SUBRATA
ANGGOTA 6
2101700131
MUHAMMAD ABANAUFAL O.
ANGGOTA 7



LATAR BELAKANG


Pendidikan dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah suatu pembelajaran, pengetahuan, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki Nilai keagamaan, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan pada dirinya. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan.

Salah satu faktor rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah karena lemahnya para guru dalam menggali potensi anak. Para pendidik memaksakan kehendaknya tanpa pernah memperhatikan kebutuhan, minat dan bakat yang dimiliki siswanya. Kelemahan para pendidik kita, mereka tidak pernah menggali masalah dan potensi para siswa. Pendidikan seharusnya memperhatikan kebutuhan anak bukan malah memaksakan sesuatu yang membuat anak kurang nyaman dalam menuntut ilmu. Proses pendidikan yang baik adalah dengan memberikan kesempatan pada anak untuk kreatif. Itu harus dilakukan sebab pada dasarnya gaya berfikir anak tidak bisa diarahkan.

Sebagai bentuk rasa peduli dan kesadaran kami, maka kami  mengadakan suatu kegiatan yang diharapkan dapat berguna untuk masyarakat, yaitu kegiatan mengajar, untuk sekarang, kami mengadakan kegiatan mengajar dibawah umur 1-6 tahun, nama paud tersebut adalah “PAUD PELANGI”, Terutama untuk melatih softkill adik-adik mulai dari mewarnai gambar, menebalkan huruf dan angka, menebak gambar, dan lainnya. Walaupun yang dilakukan kami ini merupakan hal yang tergolong sederhan, namun kami berharap apa yang kami lakukan  ini dapat berguna untuk sesama.kami memilih “PAUD PELANGI” sebagai projek kami untuk membantu mengajar dikarenakan mereka membutuhkan pengajar lebih untuk adik-adik paud.



PEMBAGIAN HARI

NO
TUGAS NGAJAR SENIN
TUGAS NGAJAR RABU
NAMA ANGGOTA
NAMA ANGGOTA
1

Handi Putra Tjioe

Ahmad Baihaqi S.
2

Henrico Alvin

Albertus Eko Suryo S.
3

Muhammad Abanaufal O.

Arsati Ichwan Ramadhan
4

Muhammad Juniandika

Nicodemus Subrata



SUSUNAN KEGIATAN

NO
WAKTU
NAMA KEGIATAN
1
07.00 – 07.20

Perjalanan menuju PAUD PELANGI

2
07.20 – 08.00

Mempersiapkan meja, kursi, serta breafing

3
08.00 – 08.20

Kelas A –  Pembukaan kegiatan dan pengenalan anggota “Dimulai dengan membaca doa”.

4
08.20 – 09.00

Materi Pembelajaran untuk kelas A
(Mengenal Jenis Sayur-sayuran/buah-buahan/Bunga), (Mengenal Angka, Warna, Huruf).

5
09.00 – 09.10

Istirahat Kelas A

6
09.10 – 09.25

Masuk kembali ke kelas,  mereview kembali apa yang telah dibahas sebelumnya

7
09.15 – 09.30

Persiapan pulang ditutupi dengan doa.

8
09.30 – 09.50

Kelas B –  Pembukaan kegiatan dan pengenalan anggota “Dimulai dengan membaca doa”.

9
09.50 – 10.30

Materi Pembelajaran untuk kelas B
(Mengenal Jenis Sayur-sayuran/buah-buahan/Bunga), (Mengenal Angka, Warna, Huruf).

10
10.30 – 10.40

Istirahat Kelas B

11
10.40 – 10.50

Masuk kembali ke kelas,  mereview kembali apa yang telah dibahas sebelumnya

12
10.50 – 11.00

Persiapan pulang ditutupi dengan doa.





PERTEMUAN KETIGA 


         Pada hari senin, tanggal 16 Oktober 2017, Ini merupakan pertemuan ketiga dari kelompok kami di Paud Pelangi. Kondisi cuaca bagus alias mendung πŸ˜ƒ. dipertemuan pertama dan kedua telah menyampaikan materi mengenai sayur-sayuran (Mewarnai Sayuran, Menebalkan huruf pada nama sayuran, mengeja huruf nama sayuran). Setelah itu Materi yang akan disampaikan dipertemuan ketiga mengenai "Buah-buahan". dimana kami didampingi oleh Ibu Sri Sulaningsih sebagai Ketua Paud, Ibu Nurlela dan juga Ibu Ina.


Pendampingan Belajar Bisa kita lihat pada gambar dibawah ini...

Tugas Ngajar Dihari Senin

"Handi Putra Tjioe, Henrico Alvin, Muhammad Abanaufal O. , Muhammad Juniandika"



πŸ˜ƒ Sebelum Memulai kegiatan ada baiknya kita Berdoa πŸ˜ƒ




πŸ˜ƒ Mari Bermain sambil Berhitung πŸ˜ƒ




πŸ˜ƒ Bermain Menebak Buah-buahan πŸ˜ƒ




πŸ˜ƒ Membuat Sate Buah πŸ˜ƒ

πŸ˜ƒ Bahan - bahan yang diperlukan buah semangka, pepaya, melon dan sunduk sate. πŸ˜ƒ




πŸ˜ƒ Alat Yang dibutuhkan hanya Piring saja πŸ˜ƒ





MANFAAT BUAH SEMANGKA, MELON DAN PEPAYA

1. BUAH PEPAYA (PAPAYA)

    - pepaya mengandung vitamin C dan provitamin A.

    - pepaya dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan.

    - pepaya dapat mebuat lancar saluran pencernaan makanan.

    - pepaya dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain,    seperti :

    a. menyembuhkan luka.

    b. menghilangkan infeksi.

    c. menghilangkan alergi



2. BUAH MELON

    - melon mengandung vitamin C dan provitamin A.

    - melon mengandung zat anti kanker dan anti oksidan.

    - melon mempunyai kegunaan /fungsi kesehatan lain,   seperti :

    a. mencegah darah menggumpal.

    b. membersihkan kulit.

    c. menlancarkan saluran pencernaan.


    d. menurunkan kadar kolestrerol.







3. BUAH SEMANGKA


    - semangka mengandung vitamin C dan provitamin A.


    - semangka dapat menjadi antialergi.


    - semangka mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan 

lain seperti :

    a. menurunkan kadar kolesterol.



    b. mencegah dan menahan serangan jantung.





MATERI KETIGA

  1. Mengenal Jenis Buah-buahan, Warna, Bentuk pada buah-buahan, serta Menebak buah-buahan dengan gambar dan Cara mengeja nama buah-buahan.
    
 2. Membawa plastisin membentuk buah - buahan, Menggambar buah-buahan serta  mewarnai. 

   3.  Membuat Sate Buah.






KOMENTAR

Handi Putra Tjioe :   saya sangat bahagia berada dipaud tersebut karena disana itu fun.


Henrico Alvin : Saya sudah mulai percaya diri untuk mengajar.


Muhammad Abanaufal : di hari ketiga ini, anak-anak mulai mengenal kami, dan juga semakin menurut, kami pun semakin senang mengajar anak-anak paud pelangi. saya pun juga sudah merasa pede dan mengerti hal hal apa saja yang harus diperhatikan dalam mengajar anak-anak paud.


Muhammad Juniandika : Untuk pertemuan ini sebagian anak paud memang susah fokus terhadap pelajaran, jadi saya belajar bagaimana cara memancing anak paud untuk tertarik kepada pelajaran tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar